Prompting is a means to induce an individual with added stimuli (prompts) to perform a desired behavior.

Can be used effectively with children and youth with ASD.

.

Jika Parents adalah orang tua yang sedang mencoba untuk mengubah perilaku seorang anak, Parents mungkin sedang merasa frustrasi karena sangat tidak mudah mengubah perilaku anak. Tetapi sebelum Parents menyalahkan Si Kecil, ingat ini: Sebagai orang dewasa, kita bahkan sering kesulitan dalam mengubah perilaku kita sendiri. Bahkan saat kita memiliki alasan yang baik dan kuat untuk membuat perubahan, serta sangat serius ingin melakukannya, mengubah perilaku sangat sulit dilakukan! 

.

Kenapa yaaa sulit sekali mengubah perilaku? 

.

Sebenarnya apa yang membuat perubahan perilaku sangat sulit dilakukan? Jika Parents berpikir bahwa mengubah perilaku dapat dilakukan hanya dengan motivasi, pikirkan lagi. Motivasi memang penting, tetapi tidak cukup. Hal yang penting lainnya adalah atensi dan konsentrasi. Kita tidak dapat mengubah perilaku kita sendiri sampai kita bisa mempertahankan fokus kita pada tujuan perubahan yang kita inginkan. Hal ini dikarenakan lebih mudah melakukan dengan cara lama karena hal tersebut otomatis, sedangkan melakukan sesuatu dengan cara yang baru membutuhkan konsentrasi.

Jika bagi orang dewasa saja sangat tidak mudah untuk tetap fokus, apalagi untuk Si Kecil. Hal itu dikarenakan pikiran manusia tidak memiliki “mekanisme” untuk menjaga agar tetap fokus pada tujuan perubahan yang kita inginkan. Sehingga tidak mengherankan jika kita terus kehilangan arah tujuan kita. 

Misalnya, kita memiliki kebiasaan membungkuk dan tahu pasti bahwa membungkuk bukan hanya buruk bagi tubuh, tapi juga bagi penampilan. Seketika kita berjanji pada diri sendiri akan duduk dan berdiri lebih tegak. Kemudian kita berpikir, “Memangnya sesulit apa sih hal itu diubah?”. Namun… segera setelah berencana untuk memperbaiki postur tubuh, kita kembali membungkuk. Lalu apa yang sebenarnya terjadi? Apakah kita kehilangan motivasi? Tidak! Hal itu disebabkan karena kita kehilangan fokus. Kita gagal melakukan perubahan yang telah direncanakan karena tidak dapat mempertahankan atensi dan konsentrasi. 

Jadi… Apa yang bisa kita lakukan agar tetap fokus dalam melakukan perubahan yang kita inginkan?

.

Apa yang dapat kita lakukan untuk membantu Si Kecil agar tetap fokus dalam mengubah bad behavior menjadi good behavior? 

.

.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan “prompting” atau bantuan. Prompting adalah metode sederhana dalam membantu mengubah perilaku dengan memberikan sinyal sederhana dan dilakukan berulang kali untuk menjadi atensi agar tetap fokus dalam mengubah perilaku. 

Untuk mengerti bagaimana dan mengapa prompting bisa berhasil, kita bisa menggunakan kebiasaan membungkuk tadi sebagai contoh. Sekarang, setelah kita berjanji pada diri sendiri bahwa akan duduk dan berdiri tegak, seseorang akan mengikuti kita dari waktu ke waktu lalu setiap beberapa menit–entah kita membungkuk atau tidak–seseorang tersebut akan menepuk pundak kita dan berkata, “Jangan membungkuk!” 

Dengan diingatkan terus menerus, saya menjamin Parents akan tetap fokus dalam memperbaiki postur tubuh. Selanjutnya, seseorang tersebut dapat berhenti berkata, “Jangan membungkuk!” karena hanya dengan tepukan di pundak akan memberi pesan tersebut. Terkadang ketika merasa tepukan di pundak dan menyadari sedang membungkuk, maka kita segera tegak kembali. Di lain waktu saat kita merasakan tepukan di pundak, kita sadar bahwa postur tubuh kita telah sempurna. Dengan begitu lama kelamaan kita akan dapat membuat kemajuan dalam mengubah kebiasaan buruk membungkuk dengan duduk dan berdiri tegak. Tak lama kemudian, kita secara otomatis duduk dan berdiri tegak. 

Bukankah cara tersebut sangat sederhana? Pertama, buat “pesan” yang dapat membantu dalam membuat perubahan yang diinginkan. Kemudian kaitkan “pesan” tersebut dengan sebuah “sinyal”-sama seperti kita mengaitkan “Jangan membungkuk” dengan tepukan di pundak. Sehingga, saat kita menerima sinyal tersebut, kita akan memfokuskan diri dalam mengubah perilaku. 

Metode sederhana yang sama dapat digunakan dalam membantu Si Kecil mengubah bad behavior menjadi good behavior.  

.

Prompting bukanlah magic, tetapi dapat menghasilkan hal-hal luar biasa.

.