There is no school equal to a decent home

and no teacher equal to a virtuous parent.

Gandhi

Tips School From Home 2020

Efek dari pandemic yang terjadi di seluruh dunia salah satunya adalah perubahan pola belajar Si Kecil.
Dahulu kehadiran Si Kecil sangat penting di sekolah, namun saat ini yang terjadi adalah Si Kecil terpaksa harus belajar dari rumah, dan tidak diijinkan untuk hadir datang ke sekolah. School From Home (SFH), menjadi satu-satunya pilihan terbaik untuk Si Kecil.

Hal ini juga pasti berefek sangat signifikan untuk Mommy, ya?
Kewalahan membagi waktu antara mengurus Si Kecil, mengurus Si Kakak, masak, dan lain-lain.

Keadaan ini akan membuat Mommy memiliki peran ganda yaitu menjadi seorang ibu dan sekaligus menjadi seorang guru.
Tapiiii, sering kali Si Kecil menjadi sering kali konsentrasi bila belajar didampingi oleh Mommy-nya.

Tenang!
Matahatiku punya beberapa tips menarik untuk Mommy demi menyukseskan SFH untuk Si Kecil.

1. Scheduling itu Penting!
Dengan membuatkan jadwal yang rapih dan terstruktur dengan baik, dapat membuat Si Kecil konsisten dalam melaksanakan kegiatan SFH-nya Mommy.
Buatlah jadwal seperti yang dahulu diberikan oleh sekolah Mommy. Jadwal yang disusun secara detil akan mempermudah Si Kecil menjalankan hari-harinya dirumah sambil belajar Mommy. Jangan lupa ya untuk menambahkan pula jam istirahat dijadwal Si Kecil, ya.

2. Ruang / Space Khusus SFH
Memiliki ruang belajar yang khusus akan membuat Si Kecil merasa nyaman dan mampu menaikkan moodnya saat belajar. Karena, Si Kecil benar-benar merasakan bahwa ruangan yang ia miliki tersebut memang bertujuan untuk belajar, sehingga Si Kecil akan terbiasa memusatkan konsentrasinya saat berada di ruangan tersebut, sebagaimana layaknya yang dilakukan sekolah-sekolah Mommy.
Nah, karena saat ini kegiatan belajar dilakukan dengan cara virtual / online, jangan lupa untuk sediakan fasilitas yang cukup untuk Si Kecil ya Moms. Seperti meja dan kursi yang nyaman, juga perangkat-perangkat pendukung kelas online Si Kecil, contohnya speaker untuk mendengar suara yang cukup jelas dari pengajar, dan perangkat komputer agar visualisasi terlihat lebih jelas.

3. Sediakan Media Pendukung Materi Pembelajaran
Sadarkah Mommy, bahwa beberapa sekolah menyediakan media belajar yang cukup banyak untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar?
Mommy bisa meniru hal ini, lho Moms. Karena dengan menyediakan media pendukung, Si Kecil akan dengan mudah memvisualisasikan secara nyata materi yang sedang ia pelajari. . Pilihlah media-media yang memang mudah untuk Mommy sediakan, atau Mommy dapat berkreasi bersama Si Kecil untuk membuat media pendukung pembelajaran ini bersama. Wohoo! Menambah kegiatan juga nih, selama SFH!

4. “Rewards” as award
Memberikan sesuatu untuk Si Kecil sebagai bentuk penghargaan itu penting, lho Moms! Berbeda dengan mengiming-imingi ya Mommy, rewards diberikan bila Si Kecil telah mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik, dan tepat diwaktu yang telah di tentukan.
Memberikan hadiah kecil ini adalah bentuk apresiasi atau penghargaan untuk Si Kecil sebagai motivasi juga untuknya agar terus konsisten dalam menyelesaikan tugas secara tepat waktu dan disiplin sesuai jadwal. Rewardsnya tidak melulu berupa barang atau mainan lho Moms, bisa juga dengan memberikan makanan kesukaan Si Kecil, mengijinkannya bermain mainan kesukaannya, atau mengijinkannya bermain sepeda di sore hari. Seruuuu, ya Mommy!

5. Memilihkan Sekolah yang Tepat!
Ini hal yang paling paling super penting, Moms! Memilihkan sekolah yang memiliki kelas online yang baik, susah lho Moms. Karena, mengajar online, kelas online, sungguh berbeda dengan belajar tatap muka langsung seperti di sekolah.
Mommy perlu memperhatikan bagian-bagian pentingnya ya, diantara yaitu:
– apakah perangkat mengajar yang disediakan oleh sekolah cukup baik?
– apakah para pengajarnya sudah mampu mengajar secara online?
– apakah materi digital sekolah tersebut mencukupi?

Setelah yakin hal-hal di atas sudah terpenuhi dengan baik, Mommy dan Si Kecil akan dengan ringan menjalankan School From Home di tengah Pandemi yang masih berlangsung.
Kami memiliki kelas yang sangat bagus dan sesuai untuk Si Kecil yang diwajibkan untuk Stay at home!

Cek IG kami untuk contoh kelas online terbaik!
https://www.instagram.com/p/CAo0QOpAoA7/?utm_source=ig_web_copy_link

Daftar Trial Online
http://linktr.ee/cihuuy.bintaro